Bisnis

Cara Mengurangi Tumpukan Sampah yang Ada di Kota Tangerang

berita tangerang hadir untuk memberikan informasi terkait permasalahan sampah yang kian menumpuk. Pihak Pemerintah Kota Tangerang sendiri terus berusaha untuk mencari solusi yang tepat demi mengurangi volume sampah. Hal ini berkaitan dengan sampah anorganik dan organik.

berita tangerang 

Mencari solusi sampah ini tidak lepas dari keterbatasan tempat untuk pembuangan sampah akhir yang ada di Rawa Kucing. Semakin hari luasnya terus mengalami pengurangan. Nah, demi mengurangi volume sampah yang semakin meningkat maka diputuskan untuk budidaya larva lalat atau maggot.

Upaya budidaya tentara hitam ini dilakukan oleh Benua Lestari Indonesia Tangerang. Proses budidaya larva lalat hitam ini terus dilakukan dengan bekerjasama dengan Pemkot Tangerang. Semua itu dilakukan demi mengurangi jumlah sampah organik. Selain itu hal ini dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan yang ada di Tangerang.

Keberadaan maggot ini nantinya bertujuan untuk mengurangi dan mengelola jumlah sampah organik. Semua itu dilakukan untuk membantu pihak pemerintah yang berjuang untuk mengatasi masalah sampah. Terlebih TPSA di Rawa Kucing lahannya terus berkurang, semua itu tidak lepas dari semakin hari jumlah peningkatan sampah terus bertambah.

Informasi Berita Tangerang kali ini menyebutkan kalau budidaya larva lalat ini juga bisa dijadikan sebagai bahan pakan untuk ikan hias seperti ikan koi, ikan arwana, dan ikan cupang. Tentunya ini bisa bernilai ekonomi yang berpeluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Memilih untuk menggunakan pakan maggot yang fresh ternyata bisa menghemat hingga 40% dari penggunaan pelet. Selain itu protein dari maggot ini lebih tinggi. Sehingga dengan demikian ikan-ikan hias bisa mendapatkan asupan makanan yang cukup.

Ada hal menarik lainnya yaitu kotoran maggot ini juga bisa anda manfaatkan sebagai pupuk untuk tanaman hias. Nah, dengan demikian keberadaan maggot bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah sampah yang terus meningkat dan sebagai ketahanan pangan.

Sampai akhirnya pihak Pemerintah Kota Tangerang bersama Benya Lestari Indonesia melakukan kerjasama untuk mengumpulkan semua sampah organik untuk budidaya maggot. Pihak Pemerintah juga sudah melakukan kerjasama dengan pihak kelurahan untuk mengatasi masalah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Berita Tangerang menyebutkan saat ini volume sampah di Tangerang mencapai 1.300 ton. Keberadaan maggot ini akan mengkonsumsi sampah organik. Nah, dengan demikian mampu mengurangi jumlah sampah organik. Sehingga ini bisa menjadi inspirasi daerah lain untuk mengatasi masalah sampah yang terus mengalami peningkatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *