10 Manfaat Demokrasi Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Demokrasi merupakan salah satu jenis pemerintahan dimana mengizinkan warga negaranya untuk berpartisipasi baik secara eksklusif maupun tidak eksklusif dalam perumusan, pengembangan serta pembuatan hukum. Kata demokrasi sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu Demos yang berarti rakyat dan kratos yang berarti kekuasaan. Pengertian demokrasi yang paling populer yaitu pengertian yang dikemukakan oleh Abraham Lincoln, yang menyatakan bahwa demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

 

Bentuk-bentuk Demokrasi

Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi membrikan izin kepada masyarakatnya untuk turut serta baik secara eksklusif maupun tidak eksklusif untuk bersama menjalankan pemerintahan yang dipimpin oleh presiden. Secara umum, demokrasi mempunyai dua bentuk, yakni:

 

    1. Demokrasi Langsung
Manfaat Demokrasi
Manfaat Demokrasi

 

Dalam bentuk demokrasi langsung, rakyat mempunyai hak yang mewakili dirinya sendiri untuk menentukan suatu kebijakan politik untuk menyuarakan pendapatnya yang nantinya diakai untuk menentukan suatu keputusan.

 

 

    1. Demokrasi Perwakilan

 

 

Berbeda dengan bentuk demokrasi yang langsung, bentuk demokrasi perwakilan cenderung mengemukakan pendapat, dan pengumpulan keputusan dilakukan berdasarkan hasil dari pemilihan umum.

 

Namun, ada kekurangan kalau penerapan demokrasi tetap dilakukan pada masa modern ini, disebabkan lantaran adanya peningkatan populasi negara yang bahkan tidak mempunyai waktu untuk mempelajari permasalahn politik.

Manfaat Demokrasi

 

Baik demokrasi eksklusif dan demokrasi tidak langsung, masing-masing mempunyai manfaat tersendiri. Secara umum, manfaat demokrasi yakni:

 

 

    1. Menjamin Hak-hak Dasar

Negara yang menjalankan pemerintahannya dengan sistem demokrasi menjamin hak-hak dasar. Penjaminan hak dasar ini dilakukan dengan terbuka sebagai cara untuk mengungkap serta mengatasi adanya problem sosial yang belum terwujud. Ketidakterwujudnya hak dasar ini terjadi lantaran tidak adanya kebebasan. Kebebasan inilah yang sanggup mewujudkan keterbukaan yang nantinya menjamin hak-hak dasar.

    1. Adanya Kesetaraan Setiap Warga Negara

Sistem negara demokrati mengedepankan kepentingan rakyat dengan menomorsatukan rakyat. Kekuasaan tertinggi negara demokrasi dimiliki oleh rakyat, entah dari mana rakyat tersebut berasal dan latar belakangnya. Semua warga negara dianggap sama tanpa melihat latar belakang dan asal rakyat tersebut. Sehingga, dalam suatu negara demokrasi semua warga negara dianggap mempunyai kesetaraan.

    1. Pemenuhan Kebutuhan Umum

 

 

Demokrasi dilakukan supaya kebutuhan masyarakat umum sanggup terpenuhi. Pengambilan kebijakan ada negara demokrasi tergantung pada impian dan aspirasi rakyat secara umum. Dengan menentukan kebijakan sesuai dengan impian masyarakat, dalam negara demokrasi akan tercipta kepuasan rakyat lantaran kebutuhan masyarakat umum dpat terpenuhi.

    1. Pembaharuan Kebijakan Sosial

 

 

Kebijakan emerintah dibentuk sesuai dengan impian rakyat. Akan tetapi, suatu kebijakan mempunyai batas waktu tenggang lantaran dimungkinkan lantaran adanya perkembangan jaman, akan besar lengan berkuasa juga terhadap kebutuhan kebijakan yang diperlukan. Negara demokrasi memungkinkan dirumuskannya kebijakan gres yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

    1. Kebebasan Rakyat Untuk Menyampaikan Pendapat

 

Negara yang mempunyai kekuasaan tertinggi di tangan rakyatnya akan menyediakan ruang bagi rakyat untuk memberikan pendapatnya. Rakyat yang hidup di dalam negara demokrasi bebas untuk memberikan pendapat selama pendapat yang dikemukakan tidak bertentangan dengan pancasila, Undang-Undang Dasar serta mempunyai watak dalam memberikan pendapat yang dikemukakan.

 

    1. Mencegah Tirani

 

Sistem pemerintahan demokrasi disebut sebagai sistem pemerintahan paling kondusif lantaran pemerintah  dan rakyat sanggup saling berinteraksi melalui dewan yang telah diiplih oleh rakyat. Negara dengan sistem demokrasi mencegah adanya kekuasaan tunggal dai pemerintah, lantaran rakyat turut serta dalam pemerintah melaluidewan yang telah dipilih.

    1. Mencegah Terjadinya Pemerintahan Yang Diktaktor

Adanya kiprah rakyat dalam turut serta merumuskan kebijakan pemerintah secara tidak langsung, sanggup mencegah adanya pemerintah yang diktaktor.

 

    1. Menciptakan Pemerintah Yang Bertanggungjawab

 

 

Pemerintah hanyalah sebagai wakil rakyat yang ditugasi untuk merangkup semua kebutuhan rakyat sebagai salah satu contoh untuk merumuskan kebijakan. Rakyat sanggup menilai dan menuntut apabila ada ketidaksesuaian antara kebutuhan dengan kebijakan yang dirumuskan. Rakyat sanggup mengajukan tuntutan apabila pemerintah melaksanakan penyelewengan terhadap kebijakan yang telah dibuat.

 

 

    1. Meningkatkan Kerjasama Antar Warga Negara

 

 

Warga negara membutuhkan satu sama lain untuk membangun masa yang banyak sebagai salah satu cara untuk lembaga negosiasi dan juga pengajuan kebutuhan untuk pemerintah. Meskipun setiap warga negara mempunyai haknya sendiri untuk mengemukakan pendapatnya, warga negara memerlukan pendapat yang lainnya juga untuk menguatkan pendapatnya di pemerintahan. Dengan adanya demokrasi, maka rakyat akan memiiki kesadaran untuk berhubungan satu sama lain.

 

    1. Membuat Masyarakat Memiliki Tanggungjawab

 

 

Adanya kiprah rakyat dalam pemerintahan, menciptakan setiap warga negara untuk bertanggungjawab terhadap kiprah yang dimilikinya sebagai seorang warga negara yang wajib menjaga keutuhan negara. Sistem negara demokrasi mengakibatkan warga masyarakat mempunyai tanggung jawab dalam ikut serta berperan dalam penentuan kebijakan pemerintah.

 

Demokrasi dianggap sebagai sistem pemerintahan yang baik, lantaran dengan demokrasi akan tercipta keharmonisan antara pemerintahan dan juga masyarakat warga negara. Sistem demokrasi yang baik akan selalu menurutsertakan warga negara dalam menentukan setiap kebijakan.

 

You May Also Like

About the Author: Tia